Solusi Ga Bisa Install XP di HP Mini

install windows usb

Pertama saya mau bilang! Jangan komentar menyuruh saya untuk install ubuntu saja supaya tidak repot. Saya sendiri UDAH PAKE UBUNTU NETBOOK REMIX 10.10. Disini saya cuma mau bahas cara install XP di HP Mini yang mungkin bisa membantu orang lain yg lebih ingin menggunakan XP daripada ubuntu. OKE SU?  :)v-

Jika anda baru beli netbook merk HP Mini 110-3014 dan beli tanpa OS alias kosongan (bahasa gaulnya). Jadi OS (Windows XP atau Windows 7) nya harus di install sendiri, sebenernya di install win7 prosesnya akan lebih mudah, tapi saya pikir dengan processor yg cuma atom N475 dan ram 1GB kayaknya kasian ni netbook kalo buat ngangkat win7, jadi mungkin anda lebih memutuskan untuk di install XP. Seperti biasa karena ini netbook sudah pasti membuat Bootable USB XP Installer karena netbook ga ada CD / DVD ROM nya.

Anda pikir langkah seperti biasa ganti boot ke USB pada setingan BIOS, lalu colok USB di netbook dan boot dari USB. Tapi apa yg terjadi? proses install tidak dapat dilanjutkan alias berhenti di awal karena tidak mengenali hardisk nya, ternyata xp nya butuh driver sata ahci. Ok, anda pikir lagi mungkin seting sata ahci tersebut bisa diubah di BIOS, ternyata anda salah lagi, karena pada HP Mini di BIOS ga ada seting untuk sata. :))

Tapi jangan kuatir, selalu ada jalan untuk orang yg mau berusaha. Gini caranya:

1. Download Driver SATA untuk HP Mini klik disini

2. Download nLite untuk menyuntik driver SATA nya ke installer win XP klik disini

3. Download WintoFlash buat bikin USB installer XP bootable klik disini

Oke, senjata bertempur sudah di download semua yah. Langsung menuju step by step nya supaya HP Mini bisa di install XP: (catatan: disini saya pakai nlite 1.4.9.1 lalu wintoflash 0.7.0026 beta dan windows xp home edition sp3)

  1. Masukkan installer CD Windows XP ke CD / DVD ROM.
  2. Buka Nlite, klik next dan cari lokasi installer CD Windows XP nya tadi yg ada di CD ROM. Tunggu sampai proses selesai, ada loading sebentar.
  3. Pilih lokasi untuk hasil dari nlite.
  4. Klik next akan terlihat halaman kosong, klik next sekali lagi akan muncul integrate service pack, hotfix, add ons, dll. Klik di Driver dan Bootable ISO kemudian klik next.
  5. Extract file driver SATA HP yg tadi anda download dengan double klik seperti menginstall program biasa dan ingat dimana file tesebut diinstall kalau anda klik next terus defaultnya bisa ditemukan di c:\swsetup\SP37005.
  6. Kembali ke nlite. Klik insert –> multiple driver folder –> cari folder dimana anda menaruh extract-an driver sata tadi (c:\swsetup\SP37005).
  7. Pilih semua (CTRL + A) klik ok.
  8. Klik next, tunggu sebentar karena nlite akan mengintegrasikannya.
    Sampai disini anda sudah selesai membuat installer Windows XP dengan terintegrasi driver SATA.
  9. Burn images windows yg baru dibuat tadi pada sebuah CD atau mount ke virtual CDROM jika anda memiliki Daemon.
  10. Masukan CD Win XP hasil Burn tadi.
  11. Buka program wintoflash.exe klik next, next, pilih folder tempat CD windows yg anda buat dg nlite tadi, pilih juga drive usb untuk dijadikan installer XP USB.
  12. Biarkan sampai selesai. Setelah selesai colok flash disk ke netbook dan hidupkan netbook hp mini nya.
  13. Saat masuk ke booting windows akan ada 2 pilihan, yaitu text dan gui.
  14. Pilih Text. Install windows spt biasa.
  15. Setelah copying files dia akan restart, kembali lakukan langkah 13, tapi kali ini pilih GUI.
  16. Windows restart lagi, dan kembali lakukan langkah di atas, pilih GUI sampai windows benar-benar selesai terinstall.

Catatan: pastikan FlashDisk yg dipakai dalam keadaan sehat sentosa.

Selamat mencoba. :-)

36 Responsesto “Solusi Ga Bisa Install XP di HP Mini”

  1. Ali says:

    gan kalau mau di instal win 7 gmana cranya sama gk bisa di instal g7

  2. masih aja nggak mudheng ohm. aq dah coba buat ber xxxxxxxx, masih aja blenk
    ada solusi lain yg lbh jitu nggak?

  3. andespot says:

    makasi gan..sangat membantu sekali…

  4. Gerry says:

    Heya excellent blog! Does running a blog similar to
    this take a massive amount work? I have very little understanding of coding but
    I had been hoping to start my own blog soon. Anyhow, if you have
    any recommendations or techniques for new blog owners please share.
    I understand this is off subject nevertheless I simply needed to ask.
    Cheers!

  5. bernard says:

    pake windows xp sp 3 neh

  6. angga says:

    proses pengcopyan emang agak lumayan lama ya gan kalau pake fd?

  7. HASAN says:

    :!! X( v:) ~X( sek gek meh tak jajal nek raiso tak JOTOS

  8. Mas. Bagimana cara masuk ke BIOS nya?

  9. bayu says:

    :-bd :-ii ^:)^ kesan saya Teng’s aja buat yang udah ciptakan program ini

  10. eka hastuti says:

    trimakasih gan :-bd

  11. nefithriani says:

    Terima Kasih Ya … ^:)^

  12. anonim says:

    thanks banget, untuk artikelnya :-bd
    saya kmaren ngalamin hal ini…kluar blue screen pas install xp :((
    setelah baca artikel ini saya baru tau, kalo hp gak ada driver sata nya..
    saya ikutin petunjuk di artikel ini…DAN BERHASIL…
    Makasih Posting artikel ini…

  13. lox paxe XP 2 gmana gan????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


~X( v:) ^:)^ ^#(^ [-X [-Ov X_X X( I-) =P~ =)) ;;) ;)) :D/ :-w :-ii :-bd :-Q :-P :-O :-D :-B :-?? :-) :-( :)v- :)) :(( :!! 8-v #:-S